Jumat, 05 Juni 2015

BAKAT DAN KREATIFITAS

Nama      : Fauzia Ayu Nanda
Kelas       : 1PA04
NPM       : 14514080
Jurusan    : Psikologi
                                                               
                                                                   MUSIC VIDEO
                                                          OK Go - Needing / Getting



            A. Sejarah Awal Band
OK Go adalah band rock alternatif Amerika yang berasal dari Chicago, Illinois, dan sekarang menetap di Los Angeles, California. Band ini terdiri dari Damian Kulash (vokal, gitar), Tim Nordwind (bass gitar dan vokal), Dan Konopka (drum dan perkusi) dan Andy Ross (gitar, keyboard dan vokal), yang bergabung dengan mereka pada tahun 2005, menggantikan Andy Duncan . Band ini terkenal oleh kerumitan dan keunikan mereka dalam membuat setiap video musiknya.
Vokalis band, Damian Kulash , bertemu bassis Tim Nordwind di Interlochen Arts Camp ketika mereka 11 tahun. Kulash berada di sana untuk belajar desain grafis, sedangkan Nordwind mempelajari musik. Nama band tersebut berasal dari guru seni mereka yang berkata, "OK ... Go!" ketika mereka baru memulai menggambar. Mereka terus berhubungan setelah dari Camp itu, ​​sering bertukar referensi musik yang mempengaruhi selera musik masing-masing. Mereka bertemu band mantan gitaris dan keyboardist Andy Duncan di saat SMA. Nordwind dan Duncan pindah ke Chicago untuk kuliah, di mana mereka membentuk band“Stanley's Joyful Noise”dengan drummer Dan Konopka. Nama OK Go diadopsi pada tahun 1998, ketika Kulash pindah ke Chicago untuk bergabung dengan band.
Selama perjalanannya, setidaknya mereka telah merilis 4 album:
·        OK Go (2002)
·        Oh No (2005)
·        Of the Blue Colour of the Sky (2010)
·        Hungry Ghosts (2014)

B. Sejarah Videografi OK Go
OK Go telah cukup tenar dengan video kreatif sederhana mereka, yang sebagian besar telah dipromosikan melalui situs YouTube. "Here it Goes Again" yang dirilis pada 2006 adalah Video Klip kreatif pertama yang melambungkan nama mereka, di mana band ini tampil beratraksi dengan bantuan treadmill, dan mendapat lebih dari 53 juta views empat tahun kemudian.
Video mereka “Needing/Getting”, dirilis 5 Februari, 2012 dalam kerjasama dengan Chevrolet. Kerjasama ini membantu mereka, sebab sebelumnya ide-ide kreatif mereka sering terkendala oleh anggaran yang rendah. “Needing/Getting” merupakan Video Klip mereka yang paling banyak dilihat setelah “Here it Goes Again.” Hingga kini, video tersebut telah mendapatkan 32 juta views.
Keberhasilan musik OK Go di dalam membuat musik dan video klipnya yang unik, membawa mereka meraih beragam penghargaan. Video mereka pun dikumpulkan dan ditampilkan di beberapa museum, galeri seni, dan festival film. Termasuk diantaranya Guggenheim Museum, Museum Moving Image, Edinburgh International Film Festival, Los Angeles County Museum of Art, Festival Film Los Angeles, dan Saatchi & Saatchi Showcase New Director.
Pada tahun 2008, Damian Kulash mengatakan bahwa “..adalah apa yang kuinginkan, melakukan hal-hal kreatif untuk kehidupan.” Tahun 2014, Kulash menjelaskan kepada Rolling Stone bahwa mereka terus membuat video unik seperti keberhasilan mereka setelah "Here it Goes Again", band ini enggan dianggap hanya tenar karena satu lagu saja.

C. Pembahasan Needing/Getting
Untuk membuat video klip "Needing/Getting" OK Go dan Chevrolet bekerjasama, Chevrolet mendanai seluruh pembuatan Video Klip ini dan memberi sebuah mobil Chevy Sonic.
Pembuatan Video Klip ini membutuhkan lebih dari 1000 instrumen musik, diantaranya seperti piano, drum, gitar, dan lain-lain. Instrumen itu dibariskan di padang pasir, dengan para pemain band yang mengemudikan mobil dan menjadikan mobil itu menjadi pemain berbagai instrumen. Di awal video mereka pun membuat musik dengan ukulele dan mengetuk bagian-bagian mobil tersebut.
Video ini dibuat selama 4 hari, setelah persiapan yang memakan waktu 4 bulan. Dan juga sebelum pembuatan Video Klip ini, sang vokalis Damian Kulash mempelajari aksi mengemudi mobil yang dilatih oleh professional. Mereka benar-benar serius dalam pembuatan video kreatif ini. Video ini pertama kali dirilis pada 5 Februari 2012 di acara Super Bowl XLVI di bagian Chevrolet “Stunt Anthem” spot beriringan dengan penampilan pemain skateboard Rob Dyrdek.Video ini berdurasi selama 5 menit 41 detik dan diproduseri olehDave Fridmann.
Needing/Getting itu sendiri ditulis oleh anggota band Damian Kulash dan Tim Nordwind , dan awalnya dirilis sebagai lagu keempat album ketiga mereka “Of the Blue Colour of the Sky”. Lirik menceritakan tentang percintaan,mengenai seseorang yang ingin tetap bersama dengan kekasih yang tak lagi mencintainya, dan meninggalkannya.
Video musik untuk "Needing/Getting" dirilis pada bulan Februari 2012 dan disutradarai oleh Brian L. Perkins. Video ini disponsori oleh Chevrolet , dan fitur mereka Sonic . Dalam video, mobil, yang telah dilengkapi dengan berbagai senjata pneumatik dan perangkat, didorong melalui dirancang khusus mobil reli saja oleh vokalis band Damian Kulash , dengan anggota band lainnya sebagai penumpang.
Selama kursus, lengan mobil menghantam berbagai alat musik sejajar di sisinya, termasuk piano, gitar, stoples kaca, dan drum plastik; pengaturan dan tuning instrumen ini menciptakan melodi lagu sebagai drive mobil oleh mereka. Video ini ditayangkan pada MTV pada tanggal 5 Februari, dengan versi diedit ditampilkan selama Super Bowl XLVI pada hari yang sama.

Ide untuk video terinspirasi oleh Rube Goldberg versi video "This Shall Too Pass"; dalam video itu, beberapa alat peraga dari mesin Rube Goldberg telah memainkan melodi dalam waktu dengan musik. Kulash ingin memperpanjang ide ini, membuat alat peraga dalam video menjadi sumber musik selama perekaman; ia menjelaskan "Saya suka ide untuk melakukan video yang direkam secara langsung. Ini membantu memecah gagasan bahwa ini adalah bentuk-bentuk yang berbeda semua seni."
Menggunakan mobil untuk membuat musik juga pernah ide dipermainkan oleh band, namun diakui bahwa seperti akan membutuhkan investasi moneter untuk mobil dan faktor lainnya. Pada awalnya, Kulash memiliki ide mengendarai mobil pada pacuan kuda oval dengan bergantian miring, dengan aksi menjalankan mobil selama instrumen membuat musik, tetapi dalam cahaya aspirasi untuk memiliki one-take run, ini dianggap terlalu sulit. Konsep kursus reli mobil melahirkan keluar dari ide ini, dengan menggunakan berbagai tahapan tentu saja untuk memetakan ke bait tertentu dari lagu tersebut.
Selama bagian chorus lagu, Kulash melaju Sonic melalui terowongan dilengkapi dengan beberapa instrumen buatan sendiri, termasuk pipa, drum, dop roda, dan stoples kaca, dengan lengan pneumatik dan ekstensi dari mobil yang digunakan untuk menyerang ini untuk menghasilkan musik video.
Kulash kemudian mendekati berbagai produsen mobil; dalam kasus Chevrolet, Perkins, teman dekat Kulash dan band, bekerja di salah satu lembaga pers produsen otomotif, dan mampu untuk membiarkan band tahu bahwa perusahaan sedang mencari ide-ide iklan baru, akhirnya menyebabkan mengamankan konsep video dengan Chevrolet.  Kevin Mayer, direktur iklan Chevrolet, merasa pengaruh OK Go dengan orang dewasa muda melalui video musik masa lalu mereka adalah cocok dekat dengan Sonic. Meskipun perusahaan yang disediakan antara $ 500.000 dan $ 1 juta untuk produksi video, mereka tidak membuat permintaan produksi pada band luar membatasi apa modifikasi bisa dilakukan pada mobil sendiri; keterlibatan lebih lanjut atau tuntutan, menurut Mayer, akan kemungkinan mengubah dampak video.
Kulash menyatakan "Mampu mengejar ide-ide kami ke segala arah telah sangat, sangat terasa bebas.” Lebih lanjut ia memuji Chevrolet untuk memungkinkan pekerjaan yang harus diproduksi tanpa pemasaran yang berlebihan, mencatat bahwa band ini terkejut bahwa "Chevrolet memberi Chevy Sonics untuk mereka". Forbes Magazine mencatat bahwa ini bukan sponsor perusahaan pertama dengan OK Go, memiliki penciptaan video untuk "This Shall Too Pass" (Rube Goldberg) dan " Last Leaf "yang disponsori oleh State Farm Insurance dan Samsung , masing-masing.
Kontribusi Chevy termasuk menyediakan 2 Sonics, termasuk modifikasi untuk menambah extender bar dan pneumatik, ruang gudang untuk band dan seorang insinyur akustik untuk mengetahui apa yang akan membuat instrumen yang cocok dan bagaimana mereka dapat dimainkan oleh mobil selama dua bulan, dan mengirim Kulash ke tiga hari sekolah aksi mengemudi untuk menghindari keharusan untuk menggunakan aksi ganda selama syuting.
Video ini difilmkan dalam 2-mil panjang tentu saja di sebuah peternakan milik pribadi antara Los Angeles dan Gurun Mojave selama empat hari. Kursus yang dibangun melibatkan lebih dari 1.100 instrumen buatan sendiri dan instrumen nyata termasuk 55 tegak piano dan gitar listrik 288 terhubung ke 66 amp.
 Band ini mengembangkan program komputer yang akan mendikte kecepatan yang Kulash harus menyetir mobil melalui kursus untuk mencocokkan irama lagu; kecepatan bervariasi antara 17 dan 35 mil per jam di berbagai bagian dari kursus. Hal ini dibantu dengan penggunaan metronom dalam mobil, dan serangkaian beanbags ditandai yang jatuh saat ia melewati kursus.
Beberapa mengambil diminta untuk menyempurnakan menjalankan; mereka akan sering harus mengganti lengan extender karena mereka terputus dari berlebihan. Mereka juga menderita tinggi angin Santa Ana yang akan ujung atas instrumen seperti piano; meskipun mereka selesai beberapa mengambil, band ini diakui mereka mungkin akan perlu posting-mengedit berbagai gambar untuk membuat video akhir lengkap.

Lirik OK Go – Needing/Getting





I've been waiting for months, waiting for years, waiting for you to change.
Aw, but there ain't much that's dumber, there ain't much that's dumber
than pinning your hopes on a change in another.
And I, yeah I still need you, but what good's that gonna do?
Needing is one thing, and getting, getting's another.

So I been sitting around, wasting my time, wondering what you been doing.
Aw, and it ain't real forgiving, it ain't real forgiving sitting here picturing someone else living.
And I, yeah I still need you, but what good's that gonna do?
Needing is one thing, and getting, getting's another.

I've been hoping for months, hoping for years, hoping I might forget.
Aw but it don't get much dumber, it don't get much dumber
than trying to forget a girl when you love her.
And I, yeah I still need you, but what good's that gonna do?
Needing is one thing, and getting, getting's another.

D. Penghargaan dan Nominasi

a. Penghargaan
  • Grammys:
    • Best Music Video (2007) for "Here It Goes Again"
  • Lion Awards:
    • Gold Lion (2012) in Cyber (best video) for "All Is Not Lost"
    • Gold Lion (2012) in Design (design typography) for "All Is Not Lost"
    • Gold Lion (2012) in Film (interactive) for "All Is Not Lost"[140]
    • Silver Lion (2012) in Cyber (websites and microsites publications & media) for "All Is Not Lost"
    • Bronze Lion (2012) in Design (online digital design) for "All Is Not Lost"
    • Bronze Lion (2012) in Cyber (best digitally led integrated campaign) for "Needing/Getting"
    • Bronze Lion (2012) in Film Craft (best use of music) for "Needing/Getting"
  • Producers Guild of America:
    • Digital 25: Leaders In Emerging Entertainment (2010)
  • ADFEST:
    • Silver Lotus (2011) in Film Craft for "Last Leaf"
    • Bronze Lotus (2011) in Cyber (Best Use of Viral) for "Last Leaf"
  • CLIO Awards:
    • Gold Award (2013) in Branded Entertainment for "Needing/Getting"
  • A-List Awards:
    • Bronze Award (2012) in Film Advertising Craft Direction for "Needing/Getting"
  • Los Angeles Film Festival:
    • Best Music Video (2010) for "This Too Shall Pass"
  • UK Music Video Awards:
    • Video Of The Year (2010) for "This Too Shall Pass"
    • Best Rock Video (2010) for "This Too Shall Pass"
  • Webby Awards:
    • Special Achievement Award: Film & Video Artist Of The Year (2010)
    • People's Voice Award: Online Film & Video - Viral (2012) for "The Muppet Show Theme"
  • Public Knowledge IP3 Award:
    • IP3 Award (2007)
  • YouTube Video Awards:
    • Most Creative Video (2006) for "Here It Goes Again"
  • MTV Video Music Awards:
    • Best Visual Effects (2014) for "The Writing's on the Wall"
b. Nominasi

  • Grammys:
    • Best Music Video (2012) for "All Is Not Lost"
  • Webby Awards:




    • Online Film & Video - Music (2013) for "Needing/Getting (Honoree)"
    • Online Film & Video - Music (2012) for "The Muppet Show Theme" (Honoree)
    • Interactive Advertising & Media - Viral Marketing (2011) for "This Too Shall Pass"
  • SXSW Interactive Awards:
    • Interactive Awards Finalist (2013) in Music for "Needing/Getting"
  • MTV Europe Music Awards:
    • Best Video (2006) for "A Million Ways"[160]
  • MTV Video Music Awards
    • "Best Video (That Should Have Won a Moon Man)" (2009) for "Here It Goes Again"


Tidak ada komentar:

Posting Komentar