Selasa, 02 Januari 2018

Artificial Intelligence (AI)

Nama    : Fauzia Ayu Nanda                                                      Mata Kuliah   : Softskill
NPM     : 14514080                                                                   Kelas              : 4PA09
 
Artificial Intelligence (AI)
 
Artificial intelligence atau kecerdasan buatan merupakan sebuah trend perkembangan teknologi mutakhir, bahkan memegang peranan kunci dalam perkembangan teknologi. Pemikiran tentang artificial intelligence berawal dari sebuah filosofi bahwa kecerdasan manusia dapat diterapkan dalam teknologi. Hal ini terbukti saat ini dimana perkembangan teknologi dapat membuat terperangah akan kecerdasan buatannya sendiri. Contoh kecil kecil misalnya, dalam hal perhitungan, kalkulator memiliki kecepatan dan keakuratan yang lebih tepat daripada perhitungan manual manusia itu sendiri. Perkembangan computer dan robotika, serta teknologi lain, membuat manusia cemburu terhadap hasil ciptaannya sendiri.

Definisi Artificial Intelligence
Apakah Artificial Intelligence (AI) atau Intelegensi Buatan atau kepintaran buatan itu? AI dapat didefinisikan sebagai suatu mesin atau alat pintar (biasanya adalah suatu komputer) yang dapat melakukan suatu tugas yang bilamana tugas tersebut dilakukan oleh manusia akan dibutuhkan suatu kepintaran untuk melakukannya. Definisi ini tampaknya kurang begitu membantu, karena beberapa ahli berpendapat, kepintaran seperti apakah yang dapat dikategorikan sebagai artificial intelleigence.
Menurut Avron Barr dan Edward E. Feigenbaum, Artificial Intellegence adalah sebagian dari komputer sains yang mempelajari (dalam arti merancang) sistem komputer yang berintelegensi, yaitu sistem yang memiliki karakteristik berpikir seperti manusia.
Tujuan Kecerdasan buatan:
a.       Untuk mengembangkan metode dan sistem untuk menyelesaikan masalah,masalah yang biasa diselesaikan melalui aktifivitas intelektual manusia, misalnya pengolahan citra,perencanaan, peramalan dan lain-lain, meningkatkan kinerja sistem informasi yang berbasis komputer.
b.        Untuk meningkatkan pengertian/pemahaman kita pada bagaimana otak manusia bekerja

Sudut Pandang Artificial Intelligence (AI)
a.       Sudut pandang Kecerdasan : mesin menjadi ‘cerdas’ (mampu berbuat apa yang dilakukan oleh manusia)
b.      Sudut pandang Penelitian : studi bagaimana membuat agar komputer dapat melakukan sesuatu sebaik yang dilakukan oleh manusia.
Domain penelitian :
1.      Mundande task
a.    Persepsi (vision & speech)
b.    Bahasa alami (understanding, generation & translation)
c.     Pemikiran yang bersifat commonsense
d.    Robot control
2.      Formal task
a.      Permainan/games
b.      Matematika (geometri, logika, kalkulus, integral, pembuktian)
3.      Expert task
a.      Analisis finansial
b.    Analisis medical
c.       Analisis ilmu pengetahuan
d.     Rekayasa (desain, pencarian, kegagalan, perencanaan, manufaktur)
Sudut pandang Bisnis : kumpulan peralatan yang sangat powerful dan metodologis dalam menyelesaikan masalah-masalah bisnis
Sudut pandang Pemrograman : studi tentang pemrograman simbolik, penyelesaian masalah (problem solving) dan pencarian (searching).

Bagian utama Artificial Intelligence (AI) , yaitu :
1.      Basis Pengetahuan (Knowledge Base)     : Berisi fakta-fakta, teori, pemikiran dan hubungan antara satu dengan lainnya.
2.      Motor Inferensi (Inference Engine)         : Kemampuan menarik kesimpulan berdasarkan pengalaman.

Referensi :
Solso, Robert L, dkk. 2009.  Psikologi Kognitif. Jakarta : Erlangga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar