Nama : Fauzia Ayu Nanda Mata Kuliah
: Softskill
NPM : 14514080 Kelas : 4PA09
Artificial Intelligence (AI)
Artificial
intelligence
atau kecerdasan buatan merupakan sebuah trend perkembangan teknologi mutakhir,
bahkan memegang peranan kunci dalam perkembangan teknologi. Pemikiran tentang artificial
intelligence berawal dari sebuah filosofi bahwa kecerdasan manusia
dapat diterapkan dalam teknologi. Hal ini terbukti saat ini dimana perkembangan
teknologi dapat membuat terperangah akan kecerdasan buatannya sendiri. Contoh
kecil kecil misalnya, dalam hal perhitungan, kalkulator memiliki kecepatan dan
keakuratan yang lebih tepat daripada perhitungan manual manusia itu sendiri.
Perkembangan computer dan robotika, serta teknologi lain, membuat manusia
cemburu terhadap hasil ciptaannya sendiri.
Definisi Artificial Intelligence
Apakah
Artificial Intelligence (AI) atau
Intelegensi Buatan atau kepintaran buatan itu? AI dapat didefinisikan sebagai
suatu mesin atau alat pintar (biasanya adalah suatu komputer) yang dapat
melakukan suatu tugas yang bilamana tugas tersebut dilakukan oleh manusia akan
dibutuhkan suatu kepintaran untuk melakukannya. Definisi ini tampaknya kurang
begitu membantu, karena beberapa ahli berpendapat, kepintaran seperti apakah
yang dapat dikategorikan sebagai artificial intelleigence.
Menurut
Avron Barr dan Edward E. Feigenbaum, Artificial
Intellegence adalah sebagian dari komputer sains yang mempelajari (dalam
arti merancang) sistem komputer yang berintelegensi, yaitu sistem yang memiliki
karakteristik berpikir seperti manusia.
Tujuan
Kecerdasan buatan:
a. Untuk
mengembangkan metode dan sistem untuk menyelesaikan masalah,masalah yang biasa
diselesaikan melalui aktifivitas intelektual manusia, misalnya pengolahan
citra,perencanaan, peramalan dan lain-lain, meningkatkan kinerja sistem
informasi yang berbasis komputer.
b.
Untuk meningkatkan pengertian/pemahaman
kita pada bagaimana otak manusia bekerja
Sudut Pandang Artificial Intelligence (AI)
a. Sudut
pandang Kecerdasan : mesin menjadi ‘cerdas’ (mampu berbuat apa yang dilakukan
oleh manusia)
b. Sudut
pandang Penelitian : studi bagaimana membuat agar komputer dapat melakukan
sesuatu sebaik yang dilakukan oleh manusia.
Domain
penelitian :
1.
Mundande
task
a.
Persepsi (vision & speech)
b.
Bahasa alami (understanding, generation & translation)
c.
Pemikiran yang bersifat commonsense
d.
Robot
control
2.
Formal
task
a.
Permainan/games
b.
Matematika
(geometri,
logika, kalkulus, integral, pembuktian)
3.
Expert
task
a.
Analisis
finansial
b. Analisis medical
c. Analisis
ilmu pengetahuan
d. Rekayasa
(desain, pencarian, kegagalan, perencanaan, manufaktur)
Sudut
pandang Bisnis : kumpulan peralatan yang sangat powerful dan metodologis dalam menyelesaikan masalah-masalah bisnis
Sudut
pandang Pemrograman : studi tentang pemrograman simbolik, penyelesaian masalah
(problem solving) dan pencarian (searching).
Bagian
utama Artificial Intelligence (AI) , yaitu :
1. Basis
Pengetahuan (Knowledge Base) : Berisi fakta-fakta, teori, pemikiran dan
hubungan antara satu dengan lainnya.
2. Motor
Inferensi (Inference Engine) : Kemampuan menarik kesimpulan
berdasarkan pengalaman.
Referensi
:
Solso, Robert L, dkk. 2009. Psikologi
Kognitif. Jakarta : Erlangga.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar