Selasa, 02 Januari 2018

Computer Based Information System (Sistem Informasi Berbasis Komputer)



Nama    : Fauzia Ayu Nanda                                                      Mata Kuliah   : Softskill
NPM     : 14514080                                                                   Kelas              : 4PA09
 

CBIS
Sistem Informasi Berbasis Komputer atau Computer Based Information System (CBIS) merupakan sistem pengolahan suatu data menjadi sebuah informasi yang berkualitas dan dapat dipergunakan sebagai alat bantu yang mendukung pengambilan keputusan, koordinasi dan kendali serta visualisasi dan analisis. Beberapa istilah yang terkait dengan CBIS antara lain adalah data, informasi, sistem, sistem informasi dan basis komputer.

KOMPUTER
Sistem Informasi “berbasis komputer” mengandung arti bahwa komputer memainkan peranan penting dalam sebuah sistem informasi. Secara teori, penerapan sebuah Sistem Informasi memang tidak harus menggunakan komputer dalam kegiatannya. Tetapi pada prakteknya tidak mungkin sistem informasi yang sangat kompleks itu dapat berjalan dengan baik jika tanpa adanya komputer. Sistem Informasi yang akurat dan efektif, dalam kenyataannya selalu berhubungan dengan istilah “computer-based” atau pengolahan informasi yang berbasis pada komputer.
Jadi CBIS adalah sistem informasi berbasis komputer merupakan suatu sistem pengolah data menjadi sebuah informasi yang berkualitas dan dipergunakan sebagai alat bantu dalam pengambilan keputusan.

KOMPONEN CBIS

1.      Hardwere, adalah perangkat komputer yang melalkukan pemasukan data, pemrosesan dan mengeluarkan data.
2.      Software, adalah program komputer yang mengatur segala macam pengoprasian komputer.
3.      Data Base, adalah Fakta atau informasi yang terorganisasi, dan biasannya terdiri dari dua atau lebih file data yang saling berhubungan.
4.      People, adalah unsur yang paling penting dalam isitem informasi berbasis komputer.
5.    Produrest, adalah dalam menggunakan CBIS harus meliputi strategi, kebijakan, metode dan aturan

Fungsi CBIS

1.       Mengahasilkan informasi yang cepat, akurat dan dapat dipercaya
2.      Menambah penghasilan (dalam perusahan berbasis ekonomi)
3.       Menghemat waktu (time saving), biaya (cost saving) dan tenaga
4.      Peningkatan efektivitas, pengembangan teknologi, dan pengembangan personel
5.      Meningkatkan kreativitas.
6.      Sumber data

Pada bagian pengolahan dengan komputer terdiri dari lima bidang yakni: SIA, SIM, DSS, EDP dan SPK. Berikut perbedaanya   :
1.      DSS: deciacion support system, menawarkan fleksibilitas, adaptabilitas, dan respon yg tepat.
2.        EDP: electronic data processing, fokus pada data, proses transaksi yg efisien, mengintegrasi file-file dari pekerjaan sejenis, membuat ringkasan untuk laporan bagi manajement DSS.
3.      SIM: sistem informasi manajemen, didesain untuk membantu membuat laporan kegiatan yg ada serta menyediaka pengawasan harian terhadap kegiatan tersebut.
4.      SIA: sistem informasi akuntansi, meningkatkan kegunaan pengolahan data. Pengumpulan data, manipulasi data, penyimpana data, menyiapkan data karakteristik.
5.      SPK: sistem penunjang keputusan, yaitu suatu sistem yg berbasis komputer yg ditujukan untuk membantu seorang manager dalam mengambil suatu keputusan dengan memanfaatkan data dan model tertentu untuk memecahkan berbagai persoalan yg tidak terstruktur.

Perbedaan diatas berfokus pada pengorganisasian informasi dan perusahaan alur informasi terstruktur aktifitas meliputi: Tanya jawab, penyusunan laporan SPK mengkhususkan pada pengambilan keputusan dari para manajer tingkat atas menekankan pada flexibilitas dan mampu memberi respon dengan cepat.

Referensi         :
https://www.kompasiana.com/diahretnowsr/tau-gak-sih-cbis-itu-apa_570cec9f317a61c0083b0143

Tidak ada komentar:

Posting Komentar