Selasa, 21 November 2017

Penerapan Sistem Informasi Psikologi

Nama    : Fauzia Ayu Nanda                                                  Mata Kuliah : Softskill
NPM     : 14514080                                                                Kelas            : 4PA09






Pengaplikasian Sistem Informasi Psikologi

Sebelum membahas pengaplikasian system informasi psikologi ada baiknya kita mengetahui apa itu system informasi psikologi.
Hasil gambar untuk spss
Sistem Informasi Psikologi adalah suatu bidang kajian ilmu yang mempelajari tentang hubungan antara ilmu psikologi itu sendiri dalam kaitannya dengan penggunaan komputer dan aplikasinya dalam bidang psikologi. Sistem informasi psikologi adalah suatu sistem yang menyediakan informasi-informasi yang berkaitan dengan ilmu psikologi yang dapat dijadikan untuk meningkatkan pengguna dalam pengambilan suatu keputusan terhadap penelitian, perencana, dan pengelolaan (Kurniawati, 2016).
Penggunaan sistem informasi dalam psikologi dimungkinkan karena banyak hal dalam dunia psikologi yang masih bisa dikelola dengan sentuhan komputerisasi. Dalam perusahaan sekarang ini banyak menggunakan software tentang alat tes agar waktu yang digunakan dalam menyeleksi calon karyawan baru lebih cepat dan efisien, serta tidak membuang tenaga para penyeleksinya juga, atau yang sering disebut psikotest. Psikotest itu sendiri adalah serangkaian tes yang dilakukan oleh Psikolog (profesional) atas permintaan klien (individu atau organisasi) untuk memberikan gambaran utuh tentang aspek-aspek psikologis seseorang sesuai dengan kebutuhan dan keperluan klien.
Contoh   nyata   dari   pengaplikasian   SIP   dalam kehidupan adalah penggunaan teknologi dalam pengambilan data tes psikologi, yaitu          :
a.       E-Counseling
Merupakan salah satu bentuk nyata aplikasi teknologi informasi dalam bidang Psikologi. Internet   menawarkan   suatu   proses   psikoterapis   yang menggunakan suatu media komunikasi yang baru, dimana melalui media tersebut mereka   dapat   memberikan intervensi   psikoterapi   itulah   yang   disebut   dengan   E-counseling atau e-mail counseling. E-mail conseling merupakan pelayanan intervensi psikologi   yang   dilakukan melaui   Internet,   dimana   proses   terapi   terlebih   dahulu dilakukan melaui media ini, untuk kemudian menyususn rencana dalam melakukan intervensi psikologi secara   face to face  akan   dilakukan.  Fungsi  dari  e-counseling adalah untuk membantu terapis dalam mengumpulkan sejumlah data yang terkait dengan kliennya sebelum akhirnya terapis dan klien sepakat untuk bertemu secara langsung untuk melakukan proses terapis selanjutnya. Dalam aplikasinya, psikoterapi online menawarkan tantangan etika baru bagi mereka para terapis yang tertarik untuk menggunakan media ini dalam memberika pelayanan psikologi. Perbedaan antara komunikasi berbasis teks interaktif dan komunikasi verbal in-person menciptakan tantangan etika baru yang sebelumnya tidak di temui dalam terapi face-to-face (secara langsung).

b.      Program SPSS

Hasil gambar untuk spss 


Program ini memang dibuat untuk membantu berbagai bidang ilmu dalam mempermudah pengembangan ilmu tersebut. Psikologi pun menggunakan aplikasi ini dalam membantu mengolah data. Data yang bisa diaplikasikan dalam SPSS adalah data secara kuantitatif. Aplikasi SPSS sangat  membantu  bidang psikologi  ketika seseorang   sedang melakukan   penelitian   di   bidang   psikologi   dengan   metode kuantitatif. Dalam penelitian jumleh subjek yang dibutuhkan tidaklah sedikit, karena untuk   memperoleh hasil   yang   akurat   memerlukan  cukup  banyak   subjek  sebagai respondennya. Disinilah peranan SPSS sangat dibutuhkan, data yang telah diperoleh untuk diolah bukanlah data yang sedikit dan sangat melebihi daya tampung manusia jika pengolahan tersebut harus dilakukan secara manual, akan terjadi kelelahan, hasil yang tidak akurat, dan akan sangat membuang energi dalam pelaksanaanya, dengan aplikasi SPSS lah berbagai masalah yang muncul jika di olah secra manual dapat teratasi.

Referensi         :
Kurniawati, Ana. Sistem informasi psikologi. www.ana.staff.gunadarma.ac.id.
Pratiwi, Dian C., et all.(2012). Paper SIP (Sistem Informasi Psikologi).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar