Selasa, 21 November 2017

Sistem Informasi Psikologi

Nama  : Fauzia Ayu Nanda                                              Mata Kuliah : Softskills
Kelas  : 4PA09                                                                 NPM             : 14514080




Sistem Informasi Psikologi  
 
Hasil gambar
  Definisi
Pengertian Sistem Informasi Secara garis besar, sistem informasi berarti adalah sebuah sistem yang dilakukan dalam menyediakan informasi ketika hendak mengambil keputusan untuk manajemen dan dalam rangka menjalankan operasional dan prosedur yang terorganisir.
Sistem informasi bertujuan untuk menjaga tercapainya pesan atau informasi dari seseorang atau kelompok kepada pihak lain. Suatu sistem atau tata cara yang merupakan kombinasi dari manusia, fasilitas atau alat teknologi, media, prosedur dan pengendalian yang dimaksudkan untuk mengumpulkan, mengolah, dan menyimpan data mengenai perilaku terlihat maupun tidak terlihat secara langsung serta proses mental yang terjadi pada manusia sehingga data tersebut dapat diubah menjadi informasi yang dapat digunakan untuk tujuan tertentu seperti tujuan penelitian
 
Pengertian Psikologi Psikologi atau ilmu jiwa merupakan suatu pengertian yang mencakup kehidupan manusia secara luas sekali. Hampir tidak ada tingkah laku manusia yang tidak berhubungan dengan soal kejiwaan manusia. Karena itulah salah satu definisi psikologi ialah ilmu yang mempelajari tingkahlaku manusia, khususnya dari segi kejiwannya.
Menurut arti kata, Psikologi (dari bahasa Yunani Kuno: psyche = jiwa dan logos = kata) dalam arti bebas psikologi adalah ilmu yang mempelajari tentang jiwa/mental. Mengacu pada pengertian dari George A.Miller, psikologi merupakan suatu ilmu yang mempelajari tentang perilaku dan pola pikir, yang berusaha mengendalikan peristiwa mental dan tingkahlaku manusia. Yang dimaksud tentang tingkahlaku di sini adalah segala kegiatan, atau tindakan atauperbuatan manusia yang kelihatanmaupun yang jtidak kelihatan, yang disadari maupun yang tidak disadari. Termasuk di dalamnya cara berbicara, berjalan, berpikir, mengambil keputusan, cara melakukan sesuatu, cara bereaksi terhadap sesuatu yang datang dari luar diri atau dalam diri.
Dari beberapa pengertian diatas dapat disimpulkan, psikologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang perilaku manusia dengan lingkungannya.
Sistem Informasi Psikologi Sistem informasi psikologi adalah suatu bidang kajian ilmu yang mempelajari tentang hubungan antara ilmu psikologi itu sendiri dalam kaitannya dengan penggunaan komputer dan aplikasinya dalam bidang psikologi. Sistem informasi psikologi adalah suatu sistem yang menyediakan informasi-informasi yang berkaitan dengan ilmu psikologi yang dapat dijadikan untuk meningkatkan pengguna dalam pengambilan suatu keputusan terhadap penelitian, perencana, dan pengelolaan (Kurniawati, 2016). Sistem informasi psikolohi merupakan ilmu yang mempelajari tentang hubungan antara ilmu psikologi dengan sistem informasi dimana di dalamnya terdapat kumpulan elemen-elemen yang saling berinteraksi untuk mencapai tujuan tertentu dari data yang telah diproses menjadi bentuk yang memiliki arti bagi penerima dan mempunyai nilai yang nyata dan bermanfaat dalam pengambilan keputusan dalam kaitannya dengan penggunaan komputer dan aplikasinya dalam bidang psikologi.

a.       Sistem Informasi Psikologi Menurut Tokoh
Chr. Jimmy L. Gaol (2008)
“Sistem informasi psikologi bertujuan mendapatkan pemahaman bagaimana manusia pembuat keputusan merasa dan menggunakan informasi formal.”

2.      Kesimpulan
Dari penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa sistem informasi psikologi merupakan seperangkat elemen-elemen yang membentuk suatu kumpulan dari berbagai prosedur psikologi yang bertujuan menghasilkan berbagai bentuk informasi psikologi yang dapat digunakan untuk berbagai tujuan tertentu

Referensi        :
Heru Basuki, A.M. (2008). Psikologi Umum. Jakarta : Universitas Gunadarma
Gaol, C.J.L (2008). Sistem Informasi Manajemen. Jakarta: Grasindo.
Kurniawati, Ana. Sistem informasi psikologi. www.ana.staff.gunadarma.ac.id.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar