Selasa, 21 November 2017

Tujuan dan Cara Kerja SPSS sebagai Sistem Informasi Psikologi

Nama    : Fauzia Ayu Nanda                                                                Mata Kuliah   : Softskill
NPM     : 14514080                                                                              Kelas             : 4PA09

Tujuan dan Cara Kerja SPSS sebagai Sistem Informasi Psikologi 

 

Image result for spss



1.      SPSS

Aplikasi komputer yang digunakan dalam bidang psikologi terdiri dari berbagai macam aplikasi, salah satunya adalah aplikasi SPSS for windows. Program ini memang dibuat untuk membantu berbagai bidang ilmu dalam mempermudah pengembangan ilmu tersebut. Psikologi menggunakan aplikasi ini dalam membantu mengolah data. Aplikasi SPSS sangat membantu bidang psikologi ketika seseorang sedang melakukan penelitian di bidang psikologi dengan metode kuantitatif.
Kemampuan statistik merupakan salah satu syarat untuk para calon psikolog. Berkaitan dengan kemampuan skoring dan pengolahan data dalam suatu penelitian. Hal ini berarti para mahasiswa dalam bidang yang berkaitan (dalam konteks ini psikologi) harus mampu dalam perhitungan statistik guna melengkapi syarat skripsi maupun penelitian terutama yang menggunakan metode kuantitatif. Dahulu semua kegiatan ini dilakukan secara manual, namun sekarang telah dibuat program khusus untuk perhitungan statistik yang dinamakan SPSS (Statistical Product And Service Solution) yang memiliki berbagai macam software yang bersifat umum maupun spesifik yang dibuat guna memudahkan dalam penggunaannya berkaitan dengan perhitungan statistik.
Statistical Product And Services Solution (SPSS) merupakan suatu program komputer tentang statistik yang mampu memproses data-data statistik secara cepat dan akurat menjadi berbagai output atau hasil yang sangat diperlukan bagi pihak yang berkepentingan terhadap hasil tersebut. SPSS terus mengalami perkembangan dalam versi,ada SPSS versi 13.0, SPSS versi 15.0 , SPSS versi 16.0, SPSS versi 19.0, SPSS versi 20.0, SPSS versi 22.0 dan masih berkembang sampai saat ini.
Statistik yang termasuk software dasar SPSS:
a.       Statistik Deskriptif: Tabulasi Silang, Frekuensi, Deskripsi, Penelusuran, Statistik Deskripsi Rasio.
b.      Statistik Bivariat: Rata-rata, t-test, ANOVA, Korelasi (bivariat, parsial, jarak), Nonparametric tests
c.       Prediksi Hasil Numerik: Regresi Linear
d.      Prediksi untuk mengidentivikasi kelompok: Analisis Faktor, Analisis Cluster (two-step, K-means, hierarkis), Diskriminan.

2.    Tujuan dan Manfaat SPSS
Statistik dapat diartikan sebagai suatu kegiatan yang bertujuan untuk mengumpulkan data, meringkas atau menyajikan data kemudian menganalisis data dengan menggunakan metode tertentu, dan menginterpretasikan hasil dari analisis tersebut. Ilmu statistik ini dapat ditemui di berbagai disiplin ilmu seperti ekonomi, jurnalistik, psikologi, dan lain-lain. Sebagai contoh, dalam bidang ilmu manajemen ilmu statistik ini berfungsi untuk membantu dalam pengambilan keputusan atas suatu masalah tertentu. Dalam penghitungan statistik, alat yang sering digunakan adalah olah data SPSS.

3.      Cara Kerja SPSS
Untuk memahami cara kerja software SPSS, berikut dikemukakan kaitan antara sara kerja komputer dengan SPSS dalam mengolah data.
a.       Komputer
Pada dasarnya komputer berfungsi mengolah data menjadi informasi yang berarti.Data yang akan diolah dimasukan sebagai input, kemudian dengan prosess pengolahan data oleh komputer dihasilkan output yang berupa informasi untuk kegunaan lebih lanjut.
Input data —> Proses Komputer —-> Output data
b.      Statistik
Statistik juga mempunyai fungsi mirip dengan komputer, yaitu mengolah data dengan perhitungan statistic tertentu, menjadi informasi yang berarti.
Input data —> Proses statistik —> Output data

Referensi         :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar